INFO WISATA BALI | GARUDA WISNU KENCANA


Ini merupakan Venue Land mark yang ada di Bali yang saya kunjungi ketika backpackeran kemarin ke Bali. Monumen Garuda wisnu Kencana atau ada yang menyebutnya Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana atau disingkat GWK merupakan salah satu tujuan obyek wisata yang ada di Bali.
 
INFO WISATA BALI | GARUDA WISNU KENCANA
INFO WISATA BALI | GARUDA WISNU KENCANA


Monumen Budaya Garuda Wisnu Kencana ini terletak di Jalan Uluwatu, di daerah Badung Bali. Satu jalur dengan obyek wisata Pantai Dream land dan Pura Uluwatu yang terkenal. Jaraknya hanya beberapa puluh menit dari Bandara Ngurah Rai.

Garuda Wisnu kencana merupakan monumen taman budaya yang terdapat patung dewa Wisnu yang mengendarai Garuda yang tingginya bisa mencapai 150 Meter yang bisa melebihi tingginya patung Liberty yang ada di New york, Amerika yang tingginya hanya 120 meter. Patungnya sampai sekarang belum selesai, tidak tahu kapan selesainya. Hanya baru yang dikerjakan patung Kepala tubuh dan tangan dewa Wisnu, dan Kepala Burung Garuda.

Padahal kalo patung ini jadi, dari  pantai Kuta, tanah lot, pantai Sanur bisa melihat patung ini dengan jelas. Monumen ini bisa menjadi ikonnya Pulau Bali seperti halnya patung liberty yang ada di New york.
Untuk membuat patung ini sampai jadi diperlukan 4000 ton tembaga dan kuningan serta mengambil beberapa bukit batu kapur yang ada di sekitar daerah tersebut. Patung ini merupakan karya I Nyoman Nuarta, pemahat patung modern yang terkenal di Indonesia.

Patung Garuda Wisnu Kencana menceritakan tentang Dewa Wisnu merupakan Dewa dalam agama Hindu yang menjadi dewa Pemelihara. Dewa Wisnu ini mengendarai burung Garuda.

Momen yang menarik di sana tidak hanya melihat patung dewa Wisnu tapi kita juga bisa menikmati performansi pertunjukan seni tari dan musik ( antara pagi sampai siang), menikmati pemandangan bukit yang bisa memandang laut dan kota di Bali, Menikmati makan di restoran yang ada di GWK tersebut dengan pemandangan yang indah tersebut.

Harga tiket masuk untuk melihat pertunjukan seni dan melihat patung lebih dekat harganya Rp 30 Ribu. Namun kita bisa menikmati seni pertunjukan yang ada. Namun yang ingin melihat tanpa membeli tiket bisa menuju ke pintu keluar. Nanti kita bisa melihat patungnya dengan jelas. Seperti foto yang saya ambil ini dari pintu keluar tanpa masuk membeli tiket.

Untuk menuju ke sini kemarin saya menyewa motor yang ada di Hotel tempat saya menginap. Dengan membayar 50 ribu untuk satu hari. Sebenarnya banyak persewaan motor yang bisa disewa. Jaminannya hanya menyerahkan Kartu identitas (KTP). Setelah menyewa kita bisa mengitari pulau Bali dengan bebas. Untuk transport yang lain bisa menggunakan taksi di Bali tapi harganya mahal. Saya tidak tahu ada angkot sampai GWK nggak. tapi kayaknya gak ada. Kalo ikut travel enak, bisa sampai obyek wisata yang ada.



Untuk Menuju ke Garuda Wisnu Kencana ini harus sejalur dan mengunjungi obyek wisata yang disekitarnya juga seperti Uluwatu, pantai Dreamland, Kompleks Kuta dan Legian, Pantai Jimbaran.
Selamat berpetualang dan jalan-jalan. Semoga pengerjaan GWK cepat selesai agar bisa tingginya mengalahkan patung Liberty.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar